Langkah Termudah untuk Meningkatkan Performa Komputer

By Galih Cyber  |  00:57 | No comments

Langkah Termudah untuk Meningkatkan Performa Komputer - Benarkah komputer atau laptop kamu sering mengalami hang atau program yang ingin kita gunakan lama merespon? Kalau benar terjadi seperti itu, kamu harus melakukan tindakan cepat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Saya menulis artikel ini karena laptop yang saya pakai sudah sering mengalami hang atau patah-patah. Alhamdulillah dengan melakukan beberapa tips ini, laptop saya bekerja dengan normal kembali. Simak tips atas pengalaman pribadi saya meningkatkan performa / kinerja komputer atau laptop.

Langkah Termudah untuk Meningkatkan Performa Komputer

#1 Hapus file dan software/program yang tidak dibutuhkan

Untuk meningkatkan performa/kinerja komputer atau laptop, langkah pertama yang saya lakukan adalah menghapus file berkapasitas besar yang tidak/jarang saya gunakan. Lalu saya melakukan peng-uninstal'an beberapa software yang juga jarang saya pakai. 

Untuk meng-uninstal program/software, kamu harus masuk ke Control Panel, lalu pilih "Add or Remove Programs". Di situ kamu bisa memilih program/software apa yang ingin kamu hilangkan. Uninstal program yang ukurannya sangat besar dan yang tidak kamu pakai lagi.

#2 Melakukan Defrag harddisk tapi jangan terlalu sering

Fungsi defrag adalah menjaga kestabilan komputer dan keadaan harddisk. Defragmenter harddisk akan menata ulang tata letak file pada harddisk dan akan mengurutkannya sesuai alphabetic mulai dari track awal sampai dengan track akhir. Akibat dari tidak pernah melakukan defragment maka kecepatan membaca dan menulis harddisk bisa menurun dan memperpendek usia harddisk.

Defragment itu memang penting, tapi kamu juga harus berhati-hati. Jangan terlalu sering men-defrag harddisk. Kenapa? Karena kalau terlalu sering, bisa-bisa kinerja harddisk akan menurun. Saya melakukan defragment harddisk ya mungkin sekitar satu bulan sekali.

Cara defrag harddisk: (Windows 8)
  • Pergi ke My Computer
  • Klik kanan pada harddisk yang ingin di defrag
  • Pilih Properties
  • Buka tab Tools
  • Klik Optimize di Optimize and defragment drive

#3 Menjalankan sedikit program

Jangan terlalu banyak menjalankan program dalam waktu yang bersamaan (Multitasking). Karena data dari program yang dijalankan tersebut akan tersimpan ke RAM. Apabila kamu hanya mempunyai RAM 1 GB dan kamu menjalankan banyak program bersamaan, wajar saja jika komputer atau laptopmu mengalami hang. 

Untuk mengetahui berapa memory yang sedang terpakai, kamu bisa melihatnya di fitur Task Manager. Untuk membuka Task Manager, kamu hanya tinggal tekan tombol CTRL+ALT+DEL secara bersamaan, lalu pilih Task Manager.

Langkah Termudah untuk Meningkatkan Performa Komputer

#4 Tingkatkan RAM

RAM adalah sebuah hardware yang berfungsi untuk menyimpan data sementara saat sebuah program sedang dijalankan. Jika kamu hanya mempunyai RAM sebesar 1 GB, tingkatkanlah RAM tersebut dengan cara membeli RAM yang kapasitasnya lebih besar, misalnya 2 GB atau lebih tinggi.

#5 Menggunakan Program Utilities

Saya bisa dibilang selalu menggunakan program utilites untuk membantu mengoptimalkan laptop saya. Alasannya adalah karena cepat, mudah, dan banyak fitur yang tersedia. Saya merekomendasikan program TuneUp Utilites. Disitu banyak sekali fitur yang bisa kamu coba dengan mudah, seperti membersihkan harddisk, membersihkan browser, membersihkan registry, defrag harddisk, defrag registry, dan masih banyak lagi. TuneUp Utilites adalah program utilitas terbaik yang pernah saya pakai.

Cukup sekian tips meningkatkan performa komputer yang saya lakukan pada laptop saya. Mudah-mudahan tips tersebut juga bisa bermanfaat untukmu.

0 komentar:

© 2013 - 2016 Galih-Cyber All Rights Reserved. Sitemap | Contact Us | Privacy Policy
TOP