5 Tips Mencegah Mata Lelah di Depan Komputer

By Galih Cyber  |  14:32 | 4 comments

5 Tips Mencegah Mata Lelah di Depan Komputer - Di era yang modern seperti sekarang ini, semua pekerjaan dapat dengan mudah dikerjaan melalui komputer. Tidak hanya bekerja, lewat komputer kita bisa berkomunikasi atau melakukan kegiatan lainnya (seperti bermain game, dll). Bagi kamu yang rutin di depan komputer terkadang mengalami gangguan dalam hal penglihatan serta merasa pusing dan mual. Hal tersebut jika terus dibiarkan tanpa ada tindakan serta perhatian lebih lanjut, bisa saja mengancam ksehatan mata kamu. Untuk itu Galih-Cyber akan memberikan beberapa tips singkat tentang cara mencegah mata lelah di depan komputer/laptop

5 Tips Mencegah Mata Lelah di Depan Komputer

5 Tips Mencegah Mata Lelah di Depan Komputer

#1 Atur Jarak Pandang dari Monitor

Jarak ideal yang disarankan antara mata dengan monitor komputer ialah sekitar 50-100 sentimeter (20-40 inchi). Berada terlalu dekan dengan monitor bisa membahayakan mata kita, dan juga menimbulkan pusing. Buatlah posisi senyaman mungkin, dan juga atur Font agar terlihat dengan jelas.

#2 Memakai Monitor LCD

Yang masih memakai monitor CRT (monitor tabung) segeralah beralih ke monitor LCD. Kenapa? Selain energi yang dibutuhkan lebih besar, monitor tabung memberi efek yang lebih buruk dibandingkan dengan monitor LCD, terutama untuk penglihatan.

Baca Juga:

#3 Sesuaikan Kecerahan Layar

Layar komputer ataupun laptop yang terlalu cerah akan membuat mata kamu mudah merasa lelah. Sebaiknya atur kembali kecerahan pada layar monitor, usahakan atur kecerahan agak redup namun masih jelas di mata agar mata kamu tidak cepat merasa lelah.

#4 Sesuaikan juga Resolusi Layar

Monitor keluaran terbaru banyak yang memberikan tingkat resolusi tinggi sehingga tulisan di layar tampak kecil. Untuk itu, sebaiknua kamu menurunkan resolusi layar senyaman mungkin untuk dilihat mata, misalkan menggunakan resolusi 1024x768 piksel atau 1152x864 piksel.

#5 Mengistirahatkan mata secara berkala

Menatap layar monitor terlalu lama dapat menyebabkan mata menjadi tegang. Sebaiknya mata perlu diistirahatkan dalam jangka waktu tertentu, misalnya setiap jamnya mengistirahatkan mata sekitar 5 menit. Bagaimana cara mengistirahatkannya? Cobalah untuk mengalihkan pandangan pada objek lain tanpa harus melihat layar monitor.

Sekian tips singkatnya yang bisa Galih-Cyber berikan, semoga dapat bermanfaat bagi kamu.

4 comments:

  1. siip gan, tapi batesan nya cuma 400 Mb ya gan? waduh kurang asik ya, ada yang bisa lebih 400 Mb ga ?

    ReplyDelete
  2. beda ya gan sama yang .com ?

    ReplyDelete
  3. emang ada mirrorupload*com?
    mirror(.)is juga bagus nih

    ReplyDelete

© 2013 - 2016 Galih-Cyber All Rights Reserved. Sitemap | Contact Us | Privacy Policy
TOP